Mengelola
Proses Perancangan
- Perancangan pada dasarnya adalah proses kreatif dan tak dapat diduga.
- Perancang sistem interaktif harus memadukan pengetahuan saksama dari kelayakan teknis dan rasa estetik apa yang menarik bagi pemakai.
Karakteristik
Perancangan
- Karakteristik perancangan menurut Carroll dan Rosson:
- Perancangan adalah proses, bukan keadaan.
- Proses perancangan nonhierarkis.
- Proses perancangan transformasional secara radikal.
- Perancangan secara intrinsik melibatkan penemuan tujuan-tujuan baru.
Tiga Pilar
Perancangan
- Tiga Pilar Perancangan membantu arsitek antarmuka pemakai mengubah gagasan bagus menjadi sistem yang berhasil.
Metodologi LUCID
(Kreitzberg)
- Kembangkan konsep produk
- Riset dan analisis kebutuhan
- Konsep perancangan dan prototipe layar kunci
- Perancangan iteratif dan perbaikan
- Implementasikan software
- Dukungan rollout
Bidang-bidang
Kegiatan LUCID
- Definisi produk,
- Business case,
- Sumber daya,
- Lingkungan fisik,
- Lingkungan teknis,
- Pemakai,
- Fungsionalitas,
- Prototipe,
- Usability,
- Panduan perancangan,
- Panduan isi,
- Dokumentasi (pelatihan dan petunjuk).
Observasi Etnografis
- Persiapan
- Studi Lapangan
- Analisis
- Pelaporan
- Persiapan
- Pahami kebijakan dan budaya kerja organisasi.
- Kenali sistem dan sejarahnya.
- Tentukan tujuan awal dan siapkan pertanyaan.
- Minta akses dan izin untuk observasi dan wawancara.
- Studi lapangan
- Bangun hubungan dengan manajer dan pemakai.
- Amati atau wawancarai pemakai di tempat kerjanya. Kumpulkan data subjektif dan objektif, kuantitatif dan kualitatif.
- Ikuti semua petunjuk yang muncul dari kunjungan.
- Catat kunjungan.
- Analisis
- Gabungkan data yang dikumpulkan dalam database numeris, tekstual, dan multimedia.
- Kuantifikasikan data dan gabungkan statistik.
- Konsolidasikan dan interpretasikan data.
- Perbaiki tujuan dan proses yang digunakan.
- Pelaporan
- Pertimbangkan peserta dan tujuan yang beraneka ragam.
- Persiapkan laporan dan presentasi-kan hasil penelitian.
No comments:
Post a Comment