Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Interaksi Manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Interaksi manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu
yang mempelajari desain,evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia,beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaksinya.
(ACM SIGCHI,1992,p.6)Tujuan IMK
1.Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable), memiliki manfaat
dan mudah dioperasikan oleh user.
2.Fungsionalitas, fungsi-fungsi
yang ada dlm sistem yg dibuat sesuai dengan perencanaan
3.Keamanan (safe), apakah sistem yg kita dibuat memiliki tingkat pengamanan
data atau tidak.
4.Efeektifitas dan Efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik.
Ruang Lingkup IMK
Ruang Lingkup IMK meliputi 3 komponen :
•Manusia
•Komputer
•Interaksi
•Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer.
User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
•Komputer merupakan peralatan elektronik
yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)
•Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
>> Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
>> Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
>> Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
>> Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
Sebenarnya antarmuka seperti apa yg diinginkan oleh
User ?
Antarmuka Manusia dan Komputer
•Antarmuka komputer hrs user friendly (ramah dengan pengguna)
yaitu :
- antarmuka yg bagus
- mudah dioperasikan
- mudah dipelajari
- pengguna merasa senang menggunakan software tsb.
•Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang beredar luas dan sering di tiru.
•Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar, tetapi
juga mencakup konsep,kebutuhan
user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan
•Teknik Elektronika/ Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat
merancang sistem HCI
•Psikologi,memahami sifat
& kebiasaan, persepsi
& pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
•Perancangan Grafis dan tipografi, sebuah gambar dpt bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dpt digunakan sbg sarana yg cukup efektif utk
dialog antara manusia dan komputer
•Ergonomik, aspek fisik utk mendapatkan lingkungan kerja yg nyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll
•Antropologi, utk memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn bidangnya.
•Linguistik, utk melakukan dialog diperlukan komunikasi yg memadai menggunakan bahasa khusus; spt: bahasa grafis, bahasa
menu, bahasa perintah.
•Sosiologi, studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena otomasi kantor.
Daftar Pustaka :
•Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.
•Surbakti, Irfan; Interaksi Manusia
Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS, 2006
Bagikan informasi ini apabila menurut anda berguna bagi saudara dan kerabat anda,terima kasih.
No comments:
Post a Comment